Ekonomi
Trending

Bank BJB menggulirkan program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

REDAKSIBERITA. COM – Semenjak tahun 2002 PT. Bank Jabar Banten atau Bank BJB  telah menggulirkan program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) bagi masyarakat atau karyawan Non Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal itu yang dikatakan Pemimpin Bank BJB Cabang Garut, H. Iswahyudi kepada redaksiberita.com di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani, Garut, Jumat (28/12/2018).

Dijelaskannya, Saat ini Bank BJB Cabang Garut sudah mencapai 520 peserta dengan pertumbuhan dana kelolaan DPLK mencapai 2,5 milyar rupiah.

Lanjut H.Iswahyudi.DLPK merupakan badan hukum yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti atau PPIP yang menjanjikan sejumlah uang dengan pembayarannya secara berkala dan dikaitkan dengan pencapaian usia tertentu.

“Tentunya program ini mempunyai landasan hukum yakni UU No. 11 tahun 1992 tentang dana pensiun, PP RI No. 7 tentang DPLK dan keputusan Menteri Keuangan RI No. 228/KMK.017/1993. tentang cara permohonan pengesahan pendirian DPLK. Untuk izin operasionalnya bersasarkan keputusan Menteri Keuangan RI No. KEP-056/KM.6/2002,” ucapnya.

Adapun manfaat yang akan diperoleh  peserta kata Iswahyudi selain dicover asuransi  seperti asuransi meninggal dunia disebabkan sakit, kecelakaan atau cacat tetap karena kecelakaan, manfaat lainya  yaitu manfaat pensiun normal, pensiun dipercepat, pensiun meninggal dunia dan pensiun cacat.

“Selain hal tersebut, DPLK bisa diwariskan ke istri atau suami bahkan bisa diwariskan kepada anak sampai anak ke tiga. Hanya dengan iuran awal sebesar 100 ribu rupiah lalu bulan berikutnya minimal 50 ribu rupiah, tidak ada denda tunggakan, fleksibel bahkan program DPLK tidak dikenakan pajak,” ujarnya.

Dikatakan Iswahyudi, salah satu syarat apabila ingin menjadi peserta DPLK adalah usia peserta minimal 18 tahun atau sudah menikah.

“Kami berharap dengan adanya program DPLK diharapkan bisa membantu bagi masyarakat atau karyawan Non PNS dalam menyongsong masa tuanya sehingga nantinya akan menikmati masa tuanya layaknya seperti pensiunan PNS,” ucapnya. ( A. Solihin)

Editor Ahmad77

Related Articles

Close