Pemerintahan

Bupati Garut Rudy Gunawan Pimpin Upacara Hari Pramuka Ke-57 Tingkat Kabupaten Garut

Sebanyak 1000 orang lebih anggota Pramuka yang berasal dari Kwartir, Kwarcam maupun Kwarcab Se-Kabupaten Garut mengikuti upacara peringatan hari Pramuka Ke-57 Tingkat Kabupaten Garut yang berlangsung di Lapangan Otista Alun-Alun Kabupaten Garut, Senin (20/08/2018) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP, sekaligus sebagai Pembina Kwarcab Kabupaten Garut.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Bupati Garut, Ketua Kwarcab Kabupaten Garut, para Kepala SKPD Kabupaten Garut, Forkopim Kecamatan Garut Kota dan tamu undangan lainnya.

Dalam upacara tersebut, Bupati membacakan sambutan dari Ketua Kwarnas, Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si. Menurutnya, gerakan Pramuka yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangos Pulau Rote, dari pelosok desa terpencil sampai ke kota, merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Gerakan kepanduan sebagai cikal bakal gerakan Pramuka telah ada sejak tahun 1912. Eksistensi gerakan pramuka di Indonesia telah mulai sejak 106 tahun yang lalu,” ujarnya.

Dengan semangat persatuan, kata Nanang, Bung Karno menyatukan 60 organisasi kepanduan terkait menjadi gerakan Pramuka dengan menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 238 tahun 1961.

“Gerakan Pramuka telah mencapai Usia 57 tahun. Jelas, ini bukan merupakan waktu sebentar untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi nyata, dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. Semangat itu tidak pernah pudar serta tidak boleh pudar,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati, sebagai tahun politik yang ditandai dengan penyelenggaraan Pilkada Gubernur, Bupati, dan Walikota beberapa bulan lalu, pencalonan anggota Legislatif serta pencalonan Presiden dan Wakil Presiden menimbulkan situasi yang cukup memanas.

Diharapkan jajaran anggota Pramuka di seluruh jenjang, agar dapat memberikan kesejukan dan jangan terlibat dalam hiruk pikuk perpolitikan, meskipun masing-masing memiliki hak politik.

“Pesan saya, hendaknya gerakan pramuka, sebagai organisasi pendidikan luar sekolah, jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis,” ucapnya.

Setelah selesai melaksanakan upacara, kegiatan pun dilanjutkan dengan Parade seluruh anggota pramuka di Kabupaten Garut dari berbagai jenjang pendidikan dan dilanjut dengan pagelaran Pentas Seni Budaya Garut.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

Tags

Related Articles

Close