EkonomiPemerintahan

Bupati, Kapolres dan Dandim 0611 Garut Akan Bantu Ibu Eti Bangun Rumah Layak Huni

Eti (46), janda beranak tujuh warga Kp. Ciparay Irigasi RT 01, RW 02, Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, keadaan rumahnya tidak layak huni dan sungguh memprihatinkan.

Rumah panggung berukuran 7 x 5 itu biliknya bolong-bolong. Agar angin tidak masuk, maka bilik-bilik itu ditutup dengan terpal bekas baligo.

Rumah tersebut sudah dihuni keluarga Eti selama 25 tahun. Tak cuma Eti yang tinggal di rumah tak layak huni itu, tapi juga orang tuanya dan keluarga anaknya yang telah memiliki tiga putra. Ibunya tinggal di ruang depan sedangkan Eti beserta anaknya tinggal di belakang rumah bekas dapur.

“Ingin rasanya memiliki rumah seperti yang lain, namun apa daya untuk makan sehari–hari saya dan anak mengandalkan dari anak menantu. Saya ingin mencoba usaha jualan tetapi tidak memiliki modal,” ungkap Eti, saat dikonfirmasi dirumahnya, Rabu (22/08/2018).

Dengan keadaan tersebut, Eti pun banyak mendapat empati dari warga sekitar, dan juga dari tiga pejabat kabupaten Garut yakni Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP, Kapolres Garut AKBP. Budi Satria Wiguna, SIK dan Dandim 0611 Letkol. Inf. Asyraf Aziz, SOS.

Bupati Garut mengatakan, keadaan Ibu Eti ini sangat memprihatinkan dan akan kami bantu namun terlebih dahulu kami akan kordinasi dengan pihak kecamatan guna memfasilitasi apa yang dibutuhkan agar tepat sasaran.

“Saya siap bantu Ibu Eti memiliki rumah layak huni,” ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan, ada sekitar 32 ribu rumah yang kondisinya tidak lebih baik dari rumah Ibu Eti, namun secara bertahap kita selesaikan hingga tahun 2023 ditargetkan selesai, ungkapnya.

Demikian pula yang dikatakan Kapolres Garut dan Dandim 0611 Garut, Siap membantu Ibu Eti dengan kemampuan yang ada, dan kalau rumah mau dibangun anggota Babinsa siap turun membantu.

Melihat sinergitas tiga unsur pimpinan daerah dalam merespon terhadap kondisi sosial masyarakat Garut patut diacungi jempol, semoga hal ini dapat diikuti oleh warga Garut dalam menyikapi kondisi di lingkungan masing-masing untuk lebih peduli tanpa mengandalkan dan menunggu bantuan dari pemerintah daerah.

Sumber  :  (Diskominfo), garutkab.go.id

Tags
Show More

Related Articles

Close