Budaya
Trending

Dapur Seni Kreatif Jomantara dan Studio Proklamasi Luncurkan Film Dokumenter Sejarah Garut

” Dapur Seni Kreatif Jomantara dan Studio Proklamasi Luncurkan Film Dokumenter Sejarah Garut “

REDAKSIBERITA.COM – Anting Irawan RG dan Deddi Efendi yang menjadi produser film Cimareme Banjir Getih dan film RA Lasminingrat berhasil dirilisnya dan di luar dugaan, dua film dokumenter tentang sejarah Garut,

Film Dokumter sejarah Garut yakni “Cimareme Mandi Getih” dan “RA Lasminingrat”yang ditayangkan di Gedung KNPI Garut Jl. Ahmad Yani, Garut Kota, Jumat (16/11/2018)

Penanyangan film tersebut mendapat respon luar biasa dari masyarakat Garut.Jumlah penonton pun sangat antusis sehingga kursi yang tersedia tak mencukupi. , penonton yang tak kebagian kursi harus berdiri di belakang atau harus rela duduk berhimpitan dengan teman dalam satu kursi.

Kedua film dokumenter tersebut berhasil dirilis berkat kerja keras Dapur Seni Kreatif Jomantara yang dipimpin Anting Irawan RG dan Studio Proklamasi pimpinan Deddi Effendi. Sementara acara nonton barengnya berhasil digelar berkat kerjasama dengan Dewan Harian Angkatan 45 Kabupaten Garut dan KNPI Garut.

Usai film ditayangkan, Sekretaris Dewan Harian Angkatan 45 Kabupaten Garut, H.Ubun Syahbun langsung mengangkat jempol kepada Anting dan Deddi. Tokoh Garut itu menyatakan sangat bangga karena seniman Garut bisa membuat film dokumenter yang bagi sejarah Garut sangat penting. Kebanggaan Ubun semakin besar sebab melihat jumlah penonton yang sangat banyak sehingga sebagian tak kebagian kursi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para kreator seni film ini yang begitu semangat dan hebat karyanya. Kalian betul-betul hebat karena telah menggali potensi sejarah perjuangan di Garut. Saya sebagai orangtua sangat bangga kepada kalian, tolong ini lanjutkan jangan berhenti sampai di sini, karya seni film ini betul-betul memberikan edukasi kepada generasi sekarang,” katanya.

Sementara itu, penonton yang hadir pada nonton bareng kedua film dokumenter tersebut terdiri dari Polres Garut, Kodim 0611 Garut, Disparbud, Dinas Kominfo, para guru dan siswa SLTA dan SLTP, GOW , IWAPI, Pemuda Panca Marga, dan sebagainya.

Tampak hadir juga Hj. Lilis Atto yang konon masih ada pertalian darah dengan KH. Hasan Arief Cimareme. Hadir pula dalam nobar terebut Oki lasminingrat yang merupakan keturunan dari RA.Lasminingrat.

Anting Irawan RG yang menjadi produser Cimareme Banjir Getih sedangkan RA Lasminingrat oleh Deddi Efendi mengatakan, pihaknya siap memproduksi film perjuangan lainnya, di antaranya tentang perjuangan pahlawan Garut KH. Mustofa Kamil.

“Bahan-bahannya sudah ada dan sedang kami persiapkan. Saya sangat senang dan merasa terpanggil menggali potensi sejarah perjuangan urang Garut, dan saya sangat suka dengan sejarah. Manusia memang jangan melupakan sejarah apalagi sejarah perjuangan. Insya Allah film perjuangan lainnya akan segera dirilis” ucapnya**  ( wahyudin )

Editor: Ahmad77

Related Articles

Close