Peristiwa
Trending

Dede: Banjir Akibat Luapan Air Sungai Cimanuk

REDAKSIBERITA. COM -Banjir merendam sejumlah tempat di wilayah Kabupaten Garut, Sabtu (19/1/2019) sore usai diguyur hujan lebat.

Di antaranya terjadi di Kampung Sudika, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul. Banjir setinggi lutut orang dewasa merendam kampung ini mulai pukul 17.00 WIB.

“Puluhan warga Sudika kini terpaksa mengungsi ke tempat yang lebh tinggi dan aman,” ujar Dede warga setempat.

Menurutnya, banjir terjadi akibat luapan air Sungai Cimanuk yang melewati kampung tersebut.

Sejak siang, lanjut Dede, hujan lebat turun di sejumlah tempat di daerah Garut. Akibatnya, air Sungai Cimanuk meluap dan sebagian merendam sejumlah permukiman.

“Termasuk Kampung Sudika yang dihuni oleh ratusan kepala keluarga,” tutur Dede.

Sementara itu dilaporkan pula sejumlah tempat di wilayah Kecamatan Bayongbong yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk mengalami hal sama. Di antaranya Jalan Raya Bayongbong-Garut di Desa Salakuray. Ruas jalan di wilayah desa ini terendam hingga kurang lebih 50 cm.

“Banjir ini disebabkan oleh debit sungai meningkat karena hujan deras,” jelas salah seorang staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Imat Macan yang tersebar di WhatsApp Group (WAG) Organisasi Radio Amatir (ORARI) Lokal Garut, Sabtu (19/01) sekira pukul 17.07 WIB.

Akibatnya, lanjut Imat, arus lalu lintas terhambat karena banyak pengendara tak berani melintas.

“Tim BPBD saat ini melakukan assessment di permukiman warga dan membantu mengatur arus lalu lintas di lokasi banjir,” jelasnya. ( A. Solihin)

Editor Ahmad77

Related Articles

Close