BudayaTNI

Denpom III/2 Garut menggelar Pameran dan Lomba Kicau Burung Dalam Rangka HUT TNI ke 73 Dan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018

Redaksiberita.com – Detasemen Polisi Militer (Denpom) III/2 Garut menggelar Pameran dan Lomba kicau burung dalam rangka HUT TNI ke 73 dan Hari Sumpah Pemuda tahun 2018 yang memperebutkan Piala Dandenpom 2018 berlangsung di Arena Kicau Birung Mania Jalan Sudirman Copong Garut. (28/10).

Perhelatan akbar para pecinta kicau burung kali ini dibuka oleh Wakil Komandan (Wadan) Denpom III/2 Grt Mayor CPM Mardiana dengan jumlah peserta terdiri atas 34 kriteria burung kicauan dengan peserta dari berbagai daerah di Jaea Barat.

Wakil ketua Radas Independen Garut dan wakil ketua pelaksana Kicau burung mania Tedi Sutardi juga ketua koordinator lapang Copong mengatakan bahwa perlombaan kicau burung mania kali ini diharapkan agar para pecinta burung lebih termotivasi melestarikan jenis burung yang hampir punah.

“Yang terpenting dari seluruh kegiatan ini kami mengharapkan agar para kicau burung mania lebih mencintai lingkungan dengan melesatarikan berbagai burung kicau agar keseimbangan ekosistem terjaga dengan baik.” ujarnya.

Tedi juga mengharapkan peran serta pemerintah Kabupaten Garut lebih optimal untuk memberikan apresiasi dan terjun ke lapangan agar burung dengan jenis tertentu yang dilindungi Undang-undang tetap eksis.

“Saya kira daripada pemerintah Kabupaten melepaskan beribu-ribu burung ke alam bebas lebih baik membina penangkar-penangkar yang sudah teruji kontribusinya terhadap pelesatarian alam.” harapnya.

Dalam perlombaan kali ini selain trophy dan piala disediakan pula doorprize berbagai barang elektonik juga doorprize utama satu unit sepeda motor yang dimenangkan oleh Abuy DF Jalak Suren Padalarang yang bekerjasama dengan Komunitas Jalak Suren Garut (KJSG).

Setelah penyerahan hadiah yang dilakukan oleh Wadandenpom lll/2 Garut Mayor CPM Mardiana memberikan tanggapan atas terselenggaranya event tersebut.

“Kita sebagai pecinta burung dalam rangka HUT TNI ke 73 dan Hari Sumpah Pemuda tahun 2018 alhamdulillah berlangsung kondusif Kami berterima kasih kepada penyelenggara yang telah sukses dengan acara ini.” ujar Mardiana.

Mayor CPM Mardiana juga mengatakan bahwa event seperti ini akan diupayakan diadakan setiap tahun oleh satuan baret biru tersebut.

” Denpom akan berupaya menyelenggarakan event-event seperti ini setiap tahunnya dan untuk event yang pertama ini saya merasa bersyukur dan berharap para pecinta kicau burung ini akan lebih eksis lagi.” imbuhnya.

Bahkan Wadandenpom meyebutkan pula kecintaan masyarakat pada burung harus didukung sepenuhnya agar pelestarian jenis burung kicau seperti ini khususnya akan terus berkesinambungan. ( A.Solihin)

Related Articles

Close