Peristiwa
Trending

Dimanakah Wakil Rakyat Ketika Buruh Kab Garut Tertindas????

REDAKSIBERITA.COM – Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) bertandang ke PT Daux Cosmetic dalam rangka sosialisasi program ketenagakerjaan terkait dengan harus adanya serikat pekerja di setiap perusahan. Kamis ( 27/12/2018)

Ketua KSBSI Christian Kangae Keytimu SH di terima di luar ( warung) oleh perwakilan PT Daux Cosmetic

Rombongan yang dipimpin oleh ketua KSBSI Christian Kangae Keytimu SH hanya diterima di luar pabrik saja oleh bagian HRD Ari dan Kiki dengan alasan tidak ada perintah untuk menerima di dalam area perusahaan.

Di tengah hujan deras ada pembicaraan diantara Tim KSBSI dan perwakilan dari PT Daux Cosmetic terkait dengan permasalahan tentang ketenaga kerjaan dan cara mencari solusinya.

Tim Advokasi KSBSI Wildan Septia Muharam SH mengatakan kepada media di halaman pabrik PT Daux Cosmetic di Babakan Abid RT 06 RW 09 Kel Suci Kaler Kec Karang pawitan terkait peran DPRD Kabupaten Garut dalam menyikapi fungsi Legislasi dan pengawasan terhadap peraturan ketenagakerjaan.

“Adakah keberpihakan dari para wakil rakyat ? apakah betul mereka mewakili rakyatnya ?, ataupun kalau ada keberpihakan dari mereka tidak akan seperti ini apakah mereka tahu kejadian seperti ini saya rasa ada yang tahu tetapi mereka tidak mau tahu.” tuturnya

“Wildan juga sebetulnya di legislatif itu ada anggarannya terkait kebijakan dan aturan ketenagakerjaan ”
Sebagai legislator dan pengawas pihaknya mempertanyakan aturan-aturan yang dikeluarkan oleh Pemda Garut misalnya aturan yang mengatur tentang hak-hak karyawan, patut pula dipertanyakan atas Perda-perda itu keberpihakannya terhadap buruh,” sambung Wildan

“Kenapa investor melirik Garut ? karena mungkin di Garut banyak faktor menguntungkan dari akses pengiriman lebih cepat atau upah tenaga kerja yang murah itu salah satu ketertarikan investor di Garut.” terangnya.

Wildan juga menyoroti dasar investor mau berinvestasi di suatu wilayah karena ada jaminan keamanan dan berkorelasi dengan KSBSI yang berkeinginan menjadi menjadi mitra perusahaan.

“Jadikan serikat pekerja itu sebagai saudara jangan dijadikan musuh saya lebih mempertanyakan kinerja anggota legislatif, wakil rakyat kita yang berpihak kepada hak hak karyawan dan kesejahteraan buruh pabrik di Garut, saya menilai ketika aksi buruh lebih banyak tapi anggota legislatifnya menghilang entah kemana.” ucapnya

Kasus PT Daux Cosmetic ini menurut Wildan menjadi pintu masuk untuk perbaikan Garut ke depan, kesejahteraan pada buruh tetapi juga melihat faktor keamanan, kenyamanan para investor asing untuk berusaha di Garut.

“Tapi bukan berarti para investor asing ini diberi kebebasan untuk menekan buruhnya sedemikian rupa. Apalagi jika hak-hak buruh tidak diberikan sesuai dengan peraturan perundangan.” pungkasnya.

Di tahun politik 2019 KSBI mengajak kepada seluruh elemen bangsa khususnya para Jurnalis untuk bersama-sama menjadi social control terhadap kinerja wakil rakyat jangan sampai para buruh hanya menjadi komoditi politik saja untuk meraup suara. ( A. Solihin )

Editor Ahmad77

Related Articles

Close