TNI
Trending

” LOYALITAS TANPA BATAS ” TMMD Sebagai Tonggak Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat

Eiitts.. tunggu dulu. Iya sih mereka selalu siap sedia mempertahankan NKRI setiap saat, tapi para tentara ternyata juga adalah salah satu sahabat terdekat rakyat,loh. Nggak percaya?

Mari sejenak kita tengok aktifitas para tentara dalam Tentara Manunggal Membangun Desa atau biasa disebut TMMD ke- 103  Tahun 2018  yang juga dilaksanakan Kodim 0611 Garut  tepatnya di Desa Pancasura Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut

TMMD sendiri sebenarnya adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementrian, lembaga pemerintah, non kementrian dan pemerintah daerah. Secara nasional, TMMD ke- 103  dilaksanakan serentak di seluruh kota/kabupaten di Wilayah Indonesia dengan sasaran daerah pedesaan. Salah satu manfaat terbesarnya, tentu saja program mulia ini bisa membantu percepatan pembangunan di pedesaan. Setidaknya itulah yang dirasakan oleh warga masyarakat Desa Pancasura Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut yang tahun ini menjadi sasaran kegiatan TMMD ke- 103  oleh Kodim 0611 Garut dengan Dansatgas Letnan Kolonel Inf Asyraf Aziz, Sos.

Secara umum, kegiatan TMMD ke- 103 dibagi dalam 2 jenis yakni pembangunan fisik dan non fisik. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan berbagai pihak dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait.

 

  • Pembangunan Fisik

Sasaran TMMD secara fisik diantaranya, dengan beberapa sasaran pokok, Pengaspalan jalan desa P. 1750M dan L. 3M, Pembuatan jembatan plat beton P. 12M dan L. 5M, Pembuatan 7 gorong-gorong dengan diameter 60 cm × 40 cm dan P. 4,5 M, Pembuatan badan jalan dan pengerasan 250 M × 3M, Pembuatan turaf penahan tanah P. 100M dan L.3M

 

 

Sasaran tambahan dengan Pembuatan Lapangan serbaguna serta Rehab Perbaikan dan pengecatan Mesjid Manarul Huda, serta program program lainnya dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera. Warga setempat merasa sangat terbantu dengan adanya TMMD serta berbagai perbaikan yang dilakukan di desa tersebut. Selain percepatan pembangunan, kegiatan ini membuat tentara semakin dicintai rakyat. Tidak ada lagi steorotipe di masyarakat bahwa tentara hanya bertugas mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kurang berbaur dengan masyarakat

  • Pembangunan Non fisik

Selain pembangunan fisik, TMMD juga melakukan serangkaian pelatihan, layanan dan sosialisasi untuk meningkatkan keterampilan sekaligus kemudahan bagi masyarakat di Desa Pancasura, kecamatan Singajaya . Kegiatan tersebut diantaranya Penanaman Pohon. Kegiatan ini disambut antusias karena memberikan manfaat dampak jangka panjang dalam berbagai aspek seperti peningkatan taraf hidup dan berupaya menjaga kelestarian lingkungan.

 

 

Pemberian alat alat olah raga kepada pemuda pemudi di lokasi TMMD dengan harapan kedepannya semoga dapat menumbuhkan rasa cinta kepada diri sendiri dengan jalan berolah raga. Pembangunan sarana olah raga berupa lapang Voli  ini di peruntukan untuk kegiatan masyarakat Desa Pancasura khususnya para pemuda dengan harapan terlahir bibit bibit baru dalam bidang bola voli dan membawa harum Desa Pancasura Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut.

 

  • Kerjasama antar lembaga

 

Meski namanya Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), kegiatan TMMD juga turut didukung penuh oleh berbagai SKPD di lingkup pemerintah kabupaten Garut, pihak Kejaksaan tinggi negeri Kabupten Garut  misalnya, turut mensukseskan program TMMD ke-103  tahun ini dengan memberikan penyuluhan tentang hukum kepada masyrakat desa pancasura,

 

 

Bekerjasama dengan pihak Polres Garut serta para alim ulama dan tokoh Masyarakat desa Pancasura Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba bagi masyarakat dan generasi muda. yang saat ini merajalela di kalangan anak muda sekarang semoga dengan hadirnya TMMD – 103 yang berlokasi di Desa Pancasura ini  dapat memberikan pencerahan bagi generasi muda yang berada di lokasi tersebut dengan harapan mereka semua mengerti dan paham bagaimana bahayanya apabila mengkonsumsi narkoba atau minuman keras karena semua itu adalah ibunya dari segala biang kejahatan.

 

Pemberian alat tulis sekolah berserta Al Quran oleh Dansatgas TMMD Letnan Kolonel Inf Asyraf Aziz. Sos kepada sejumlah anak anak sekolah dengan harapan menumbuhkan minat baca Al Quran karena itu merupakan kunci keberhasilan dunia dan akhirat. Serta dapat memotivasi anak anak menjadi gemar membaca Al Quran serta dapat mengamalkannya kelak nanti setelah mereka semua tumbuh dewasa.

 

 

Maka tak berlebihan rasanya jika kegiatan ini bisa disebut sebagai sebuah tonggak bersatunya tentara dan rakyat dalam melakukan percepatan pembangunan khususnya di pedesaan. Kegiatan ini adalah bentuk nyata bahwa TNI, Polri, Lembaga Pemerintah, Komunitas serta seluruh lapisan masyarakat dapat bersatu padu secara harmonis menuju “ PANCASURA SEJAHTERA” yang semakin kokoh.

penulis : Ahmad77 Redaksiberita.com

 

Related Articles

Close