Budaya
Trending

Makam Godog Garut Melaksanakan Lungsur Pusaka Di Malam 14 Mulud

REDAKSIBERITA.COM – Panon rama alam Godog yang begituh indah sejuk dan penuh nuansa hystoris dan mistik, tak kelam oleh perubahan zaman, Situs Makam Keramat Godog, yang berlokasi di Desa Lebak Agung Kec. Karang Pawitan Kab Garut adalah situs dan objek wisata rohani dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Budaya Kab. Garut.(22/11/2018)

pusaka yang berada di makam godog karangpawitan garut

Situs Makam Keramat Godog salah satu situs purbakala, dimana yang memiliki nilai historis dan sejarah serta peradaban dunia. Berbagai acara dan kegiatan demi mempertahankan adat tradisi dan pakeman yang di wariskan sang leluhur terus di jaga dan dilaksanakan.

Forkompicam Karang Pawitan Disparbud Kab Garut, Tokoh dan  ribuan warga masyarakat dan sekitarnya baik di dalam maupun diluar,  ikut khidmat dalam prosesi Upacara Adat Ngalungsur Parabot Pusaka Makam Godog. Selain acara tersebut berbagai acara pun dilaksanakan Maulid Nabi Muhammad SWA, Ziarah Kubro, Pentas Seni dan Arak – Arakan, Khitanan Masal, Pemandian / Pencucian / Pajang Parabot Pusaka Keramat.

Makam godog merupakan salah satu makam keramat, sebab terdapat makam salah satu penyebar agama islam di pulau jawa yaitu Syekh Sunan Rohmat Suci atau Prabu kiansantang.

Menurut Herman salah satu warga yang tinggal di sekitar Area makam tersebut, terdapat sembilan makam termasuk makam utama, yaitu makam Syekh Sunan Rohmat Suci atau Prabu Kiansantang. “ disini terdapat 9 makam, yang 1 itu merupakan makam Syekh Sunan Rohmat Suci dan yang 8 itu para sahabatnya,” ujarnya.

Makam Godog sering kali banyak dikunjungi para peziarah, terlebih jika pada hari lebaran idul fitri. Sementara pada saat ramadan tidak sebanyak hari-hari biasa dan idul fitri. Selain itu pengunjung yang datang ke lokasi tersebut, tidak hanya warga lokal saja, tetapi juga banyak datang dari daerah luar Garut untuk berziarah dan berdoa. “Dari luar Garut juga banyak, seperti dari Jakarta, Bandung dan kota kota lainnya,” tegas Herman.

Begitupun menurut salah satu tokoh masyarakat  Asep S ” Di Makam Godog terdapat barang-barang pusaka yang disimpan di museum. Barang tersebut merupakan bekas peninggalan Syekh Sunan Rohmat Suci, yang hingga kini diabadikan dengan baik. “Di sini juga terdapat barang pusaka bekas peninggalan beliau, dan disimpan di museum. Setiap 14 Mulud, selalu ada pencucian barang pusaka tersebut, itu dilaksakan setiap setahun sekali” Pungkas Asep. ” Yohaness “.

Editor: Ahmad77

Related Articles

Close