Pemerintahan
Trending

Pelantikan Bupati 2 Periode Rudy – Helmi

REDAKSIBERITA. COM – Hari ini 23 Januari 2018 boleh jadi angka keramat bagi masyarakat Garut. Moment ini pula yang kemudian semua mata dan telinga hampir ditujukan kepada sejoli yang kini dipercaya kembali masyarakat Garut periode ke-dua 2019-2024 menjadi Bupati dan Wakil Bupati Garut.

Perhelatan sendiri dilangsungkan di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu (23/1), oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pasangan Rudy Gunawan – dr. Helmi Budiman berhasil mematahkan mitos ‘tidak ada Bupati dua kali di Garut’. Maka, untuk yang kedua kalinya pula ia berpasangan dengan Helmi Budiman, periode 2019-2024. Pasangan petahana ini diusung Partai Nasdem (2 kursi), PKS (4 kursi), dan Gerindra (4 kursi).
Pada pilkada Kabupaten Garut yang digelar pada tanggal 27 Juni 2018 lalu, pasangan ini mendapat nomor urut 1. Sedangkan rivalnya adalah Imam Alrahman-Dedy Hasan (nomor 2), Suryana-Wiwin Suwindaryati (Nomor 3), dan Agus Hamdani-Pradana Aditya Wicaksana (Nomor 4).

Rudy adalah putra asli Garut, lahir pada tanggal 4 Agustus 1964, masa kecilnya memang dihabiskan di kampungnya, Wanaraja. Sebelum ia terjun ke dunia politik, ia berprofesi sebagai pengacara. Bersama koleganya, ia merintis firma hukum Gunawan dan Associates Law Firm pada tahun 1985 hingga sekarang. Firma hukum ini banyak menangani perkara perdata. Ia pernah menjadi penasihat hukum dan pengacara di DPRD dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dari 1990 hingga 2009, termasuk BUMN dan BUMD.

Karier pengacara Rudy dimulai sejak ia menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Unversitas Padjajaran Bandung dan menyelesaikan pendidikannya pada 1988. Kemudian ia melanjutkan S-2 di STIH LPIH-IBLM pada 1996 hingga 1999.

Tidak hanya itu, Rudy juga menjabat sebagai direktur utama di beberapa perusahaan, seperti PT. Amyra Kreasitama, PT Agra Putri Wisata, dan direktur di PT Energi Putera Parahyangan. Sebelum terjun ke dunia politik, Rudy tercatat sebagai Komisaris Utama PT Quatronics Indonesia sejak 2006 dan Komisaris Utama BPRS Dana Tijarah pada 2007. Rudy Gunawan pernah maju di pilkada Garut 2008 bersama Oim Abdurohim, tapi gagal memenangkan pertarungan.

Sosok pria yang memiliki hobbi bidang sastra, traveling, dan kuliner ini, aktif pula dalam organisasi. Ia tercatat sebagai sebagai ketua DPD Kongres Advokat Indonesia Jawa Barat pada 2008-2014, menjabat ketua HKTI Jabar sejak 2004, Ketua Kadin Bidang Pertanian pada 1997-2007, serta sempat menjadi Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Jabar pada 2003.Beristrikan Diah Kurniasari dan dikarunia 4 orang anak (3 putra dan 1 putri), Rudy memang sosok penyayang keluarga, sesibuk apa pun ia sempatkan untuk bencengkrama dengan keluarga. Kebiasaan itu ia tularkan di setiap kunjungan kerjanya di daerah, bahkan di daerah terpencil pun, ia senantiasa menjambangi keluarga yang dianggapnya butuh perhatian khusus, baik dari sisi ekonomi, kesehatan maupun pendidikannya. Ia pun kerap menyapa kaum janda renta dan anak-anak sembari berkomunikasi layaknya anak dengan orang tua, layaknya bapak kepada anak-anaknya.
Tidak berlebihan bila di periode ke dua kalinya ini ia menyebutnya sebagai Periode Pengabdian.

Bahkan komitmennya disampaikan kepada jajarannya, agar ASN harus lebih baik dan fokus dalam mengabdi kepada masyarakat. Ia menyebutkan, banyak hal yang perlu mendapat perhatian khusus kebutuhan masyarakat, mulai dari hunian layak, kesehatan hingga pendidikan yang diharapkan menggenjot IPM di kabupaten berpenduduk sekita2,6 juta lebih ini.
Sedangkan dr. Helmi Budiman, Wakil Bupati Garut, adalah dokter sekaligus politisi PKS (Partai Keadilan Sejahtera). Pria yang pada tahun 1996 menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Umum Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung ini, memulai karir sebagai dokter di Puskesmas Cimari Kec. Cikelet di wilayah pelosok Garut Selatan. Tahun 1997-2000, ia kemudian melanjutkan karir profesionalnya dengan mendirikan Klinik Cisanca di daerah Samarang yang sekarang menjadi salah satu tujuan sebagian besar masyarakat Garut untuk berobat. ( wahyudin)

 

Editor : Ahmad77

Related Articles

Close