Pemerintahan
Trending

PT Daux Cosmetic Dalam Pantauan Pengawas Ketenagakerjaan Prov Jabar Dan Dinas Tenaga Kerja Kab Garut

REDAKSIBERITA. COM – PT Daux Cosmetic salah satu pabrik yang bergerak dalam bidang pembuatan bulu mata beralamat di Kp Babakan Abid Desa Suci Kaler Kec Karangpawitan Kab Garut.

Situasi pabrik PT Daux Cosmetic Spanduk hanya di jadikan Jargon

Ketika terjadi insiden penamparan oleh warga Negara Asing Asal Korea Selatan terhadap Karyawan Rizky Muhammad Sumarno oleh Mr Shung Moon akhirnya berbuntut terbongkarnya pelanggaran pelanggaran yang dilakukan oleh PT Daux Cosmetic tersebut.

Aturan perundang undangan tentang tenaga kerja di PT tersebut tidak di pakai salah satu contoh nya waktu jam kerja yang tidak beraturan kelebihan jam kerja tidak di bayar jaminan keselamatan karyawan tidak ada serta kesejehateraan karyawan tidak ada.

Penamparan Rizky berbuah dengan aksi demo kecil yang di lakukan oleh karyawan PT Daux Cosmetic ketika mereka mendengar dan melihat ada Pihak Dinas Pengawasan Ketenagakerjaan Provinisi Jawabarat berserta Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut mendantangi perusahaan dimana mereka bekerja, Aksi luapan kesabaran yang Selama ini terpendam akhirnya terucapkan sudah mereka semua angkat bicara tentang hak hak mereka sebagai pekerja yang Selama ini tidak di penuhi oleh pihak perusahaan bahkan ada indikasi intimidasi terhadap waktu kerja mereka.

Gerbang masuk PT Daux Cosmetic

Ketika di wawancarai Mediator tenaga kerja Kab Garut Asep Yudi mengatakan bahwa, ” Barusan ada kesepakatan yang di buatkan berita Acara tentang tuntutan dari pekerja terkaitan dengan permaslahan yang muncul dari segi normatif atau syarat kerja yang belum di penuhi oleh pihak perusahaan, ” ungkapnya

Maka dari itu kami dari Dinas Tenaga Kerja Kab Garut berkoordinasi dengan Pengawas Ketenagakerjaan Provinisi Jawabarat untuk melakukan penegakan dengan mengacu pada Undang undang 13 Pasal 102 peran fungsi pemerintah dalam Ketenagakerjaan kebijakan nya adalah pelayanan, pelatihan pengembangan pembinaan serta terkait penindakan dan penegakan hukum dalam ketenagakerjaan itu sudah jelas, ” tegas Asep

” Barusan saya dapatkan berita Acara untuk segera aturan yang di atur secara baku salah satu nya tentang syarat kerja dalam perusahaan Karena sudah jelas itu di atur dalam undang undang dan kalau tidak di atur akan kembali pada Undang undang sehingga akan terjadi multitafsir ”

Syarat kerja itu adalah hal mutlak dan saya tekankan harus di pakai Karena semua itu adalah peraturan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Dan untuk menindaklanjuti akan di lakukan oleh Pengawas Ketenagakerjaan karena ranah penegakan dan pengawasan ada di provinsi dan apabila perusahaan mengabaikan dengan nota pemeriksaan pengawas di abaikan Maka akan lari ke PPNS ke penyidikan dan di berikan BAP serta diajukan ke Pengadilan, ” Pungkasnya.  ( A. Solihin)

Editor Ahmad77

Related Articles

Close