Hukum
Trending

PT Daux Cosmetic Perusahan Yang Melanggar UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2013

REDAKSIBERITA. COM – PT Daux Cosmetic di Kp Babakan Abid 0RT 06 RW 09 Kel Suci Kaler Kec Karangpawitan Kabupaten Garut menunggu janji dari Perusahaan mereka serta dari pihak Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Barat maupun Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut untuk memperbaiki sistem hubungan kerja di pabrik tempat mereka bekerja.

Setelah lama mereka bekerja dibawah sistem yang nota bene bisa di sebut otoriter oleh perusahaan kini mereka semua ada sedikit angin segar ketika tim pengawasan provinsi bertandang ke pabrik tersebut guna melihat kasus dan mendalami sejauh mana pihak perusahaan memberikan hak-hak pegawai kepada karyawan nya.

Banyak pelanggaran yang di lakukan oleh PT Daux tersebut salah satunya menyangkut Undang undang No 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan seperti tidak adanya perjanjian kontrak antara pekerja dengan PT Daux Cosmetic   seperti halnya yang tercantum dalam pasal 52 ayat 1 UU No 13 tahun 2003 serta melanggar Pasal 77 UU Ketenagakerjaan  No 13 tentang peraturan jam kerja karyawan yang di berlakukan.

Kasus terbaru saat ini melihat dari Pasal 32 tentang :
(1) Penempatan tenaga kerja dilaksanakan berdasarkan asas terbuka, bebas, obyektif, serta adil, dan
setara tanpa diskriminasi.

Senada dengan salah satu karyawan bernama david yang sebelumnya dia di tempatkan di bagian dalam kini dia di pindahkan keluar dan ada larangan untuk masuk kedalam wilayah produksi.

Tidak apa apa saya di pindahkan ke parkiran yang penting kami bisa sejahtera dan perjuangan kami tidak sia sia,” ucap david kepada team media redaksiberita.com

“Kami menerima aspirasi dari seluruh karyawan terkait dengan pelanggaran-pelanggaran yang dibuat PT Daux atas hak karyawan, dan kedepannya sudah menjadi kewajiban kami sebagai pengawasan melakukan pembinaan.” ungkapnya.

Dengan menemukan banyaknya pelanggaran dari pabrik punya pengusaha asal Korea yang memproduksi bulu mata palsu tersebut Nuraida menambahkan bahwa menginginkan adanya kerjasama yang baik dengan semua pihak.

“Di kesempatan ini kami sampaikan tolong bantu kami dengan kerjasama yang baik dari semua pihak, jangan sepihak saja karena tugas kami menegakkan aturan ketenagakerjaan, dan terima kasih telah didukung dengan aspirasi dari para pekerja.” ujarnya. ( A. Solihin)

Editor Ahmad 77

Related Articles

Close