Budaya
Trending

Wa Ratno: Berdirinya Gerakan Hejo Lebih Ke Edukasi, Ekologi serta Ekonomi

REDAKSIBERITA.COM – Gerakan hejo bergerak dengan pendekatan memberikan padi kepada petani, gerakan hejo mecoba inovasi dengan mendatangkan bibit padi dari lampung dan Allhamdulillah sudah tersebar dari 1 hektar 5 sampai 7 ton sekarang sudah bisa melebihi dari 9 ton. Jumat ( 30/11/2018).

Kita berawal dari pembenahan lahan kritis, dengan mensiasati dengan hutan produktif seperti menanam kopi dengan tujuan hutan tetap hijau, air dapat terjaga, dan ada sisi ekonomis nya untuk mendongkrak potensi ekonimi.

Ketika di temui oleh team media redaksiberita.com Wa Ratno mengatakan bahwa Gerakan hejo yang bergerak dalam tataran lingkungan dan budaya serta edukasi bahwa kehadiran kami disini menyatakan sikap terhadap penebangan pohon depan Aspartan, oleh karena itu kita mempertanyakan tentang penebangan pohon tersebut.

Wa Ratno bersama pengurus Gerakan Hejo Kabupaten Garut

” Untuk masalah Aspartan sendiri di bangun tapi tidak pernah di pergunakan karena kami di sini kita mempunyai program kedepannya”

Dengan harapan Aspartan kedepan nya jadi tempat berbagi informasi tentang kopi Garutan, selain dari ngopi disana dapat memperkenalkan hasil-hasil Garut yang bisa di simpan disana dengan harapan untuk kedepan nya menjadi pusat informasi, promosi dan transaksi,” pungkas Wa Ratno

Senada dengan sekretaris Gerakan Hejo Mia Melianti, ” Berdirinya gerakan hejo lebih ke edukasi dan ekologi serta ekonomi lebih kami kedepan kan ada beberapa hal yang pernah kita lakukan tanpa ada bantuan pemerintah,” imbuhnya

Gerakan hejo terus bergerak membagikan banyak bibit karena pada dasarnya masyarakat bukan tidak mau menghijaukan hutan karena mereka semua tidak mempunyai bibit untuk dapat di tanam, sambungnya.

Semoga kedepan nya kita dapat memberikan bibit kopi kepada masyarakat untuk dapat di tanam dan di kembangkan sehingga mendapatkan nilai jual tinggi dan dapat mendongkrak potensi ekomomi serta dalam rangka menjaga ikon kopi Garutan, ” pungkasnya. ( A.Solihin.)

Editor: Ahmad77

Related Articles

Close